kiat tubuh sehat bulan puasa part 1

asslamualaikum, salah sehat untuk kita semua.

Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci ramadhan, diwaktu itu kita wajib berpuasa bagi yang mampu walaupun dalam keadaan dunia saat ini yang belum normal akibat wabah covid-19. maka dari itu peningkatan kesehatan diri harus kita jaga dengan nutrisi yang tepat agar tubuh menjadi tetap bugar dan sehat. tubuh yang sehat akan menghindarkan kita dari segala penyakit yang menyerang. banyak hal yang dapat membuat kita menjadi sakit baik dari dalam diri kita maupun dari luar tubuh kita.

Kesempatan ini saya akan membahas cara menjaga tubuh agar tetap sehat saaat berpuasa ditengah pandemi covid 19, akan saya awali dari kebutuhan nutrisi makanan dalam pandangan islam tentunya.

Yang pertama adalah atur pola makan, kita tahu saat berpuasa pola makan kita akan berubah dari makan 3 kali sehari diganti dengan 2 kali saja yaitu saat sahur dan berbuka tentu saja dapat berpengaruh kepada metabolisme tubuh. Apalagi jika jumlah asupan nutrisi menjadi berkurang. Tubuh biasanya akan terasa lemas atau pusing karena kurangnya asupan nutrisi dan berubahnya pola waktu makan. Namun jika asupan nutrisi cukup, berpuasa justru akan membuat badan bugar dan sehat karena pencernaan beristirahat selama sebulan penuh. asupan itu meliputi karbohidrat untuk sumber tenaga. Protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh serta air sebagai zat pengatur dan pelarut agar nutrisi mudah diserap oleh tubuh. semua itu dengan mudah masih bisa kita dapatkan, perbanyak makan buah juga dapat meningkatkan nutrisi terlebih yang mengandung vitamin C dan E sebagai pemicu peningkatan kekebalan tubuh kita yang sangat berpengaruh dalam keadaan saat ini 



perlu diperhatikan dalam melengkapi nutrisi tubuh yaitu tidak berlebihan sesuai dengan firman Allah  : 

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al-A’raf: 31)

Dalam Al-Qur’an prinsip makanan sehat adalah tidak berlebih-lebihan. Rasulullah bersabda: “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

saya manganjurkan menjaga pola makan saat berpuasa adalah pada nutrisinya, yaitu menu makan harus seimbang gizi, kurangi makanan yang berlemak dan berbumbu tajam seperti terlalu pedas, dan perbanyak sayur dan buah. 


itulah langkah pertama menjaga tubuh tetap sehat saat berpuasa.
nantikan kelanjutannya di part kedua 

wassalamualaikum wr.wb.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Dari Ruang Konseling

generasi cinta prestasi #1 allah cinta padaku